Lagi Kepo ke Mantannya Pacar? Baca ini yuk!

Cerita random ini sebenernya diawali dari seorang klien yang curhat karena jengah banget karena dia di kepo in PLUS PARAHNYA LAGI, dia dibuat bahan status socmed oleh pacarnya mantannya. OMG life could be sooo complicated.

Akutu jadi keinget pas masih remaja dulu hahaha, AKU JUGA PERNAH KEPO BANGET SAMA MANTANNYA PACARKU. And the thing is, dulu pas aku SMA sekitar 2006 sampe awal kuliah di tahun tahun 2008 – 2010 gitu, socmed belom se hits ini ya, jadi kayak ke kepoan kita kita di jaman itu tu ga bakalan bisa terpuaskan, dan ketika kita tau ada orang yang kenal sama orang yang kita kepoin, ulala, interogasi pasti akan terjadi dan bisa berlanjut sampai beberapa session, sambil ala ala nraktir kopi lah, traktir nonton lah my gawd.

But then, aku juga pernah dikepoin sama pacarnya mantan aku gitu, dan this is why aku pengen nulisin ini so aku bisa berbagi kenapa sih kita kepo, atau kenapa sih kita di kepoin, baik dari sudut pandang yang kepo, maupun yang dikepoin.

Untuk mengetahui kenapa kita kepo, kita harus tau apa yang kita rasakan dulu ketika kita kepo. Karena menurut aku, rasa itu ga akan pernah bohong.

Kalo aku pribadi yah, ketika kepo sama mantannya pacar, aku tu pasti dasarnya penasaran banget. Nah setelah aku cari penasarannya kenapa, aku tu ga tau kenapa ada kecenderungan pengen tau secara detil, pacarku sama mantannya itu udah ngapain aja.

Bayangin dong gilanya aku. Dan kalo dirasa rasakan lagi, My Gawd, ya ga mungkin dong ya aku bisa tau mereka ngapain aja secara detil?

Tapi setelah aku rasa rasain lagi, sebenernya aku bukan pengen tau mereka ngapain aja secara detil. Tapi aku pengen tau sebenernya pacar aku itu udah ngalamin apa sama mantannya?

Apakah hal yang hebat? Aku kuatir kalo aku ga bisa nyaingin apa yang udah dialamin pacarku sama mantanku.

Aku kuatir kalo aku ga bisa ngalahin kenangan mereka dan akhirnya aku kuatir kalo pacarku keinget terus sama mantannya, apalagi kalo sampe ngebandingin karena aku kurang berkesan.

That’s why di balik ke kepoan ku selalu ada rasa ingin bersaing dan rasa kompetitif.

Tapi ada lagi sih. Kadang aku tu suka kesel ketika pacarku ngomongin jeleknya mantan. Disini bukan rasa lega yang aku dapet, tapi malah rasa kesel. Karena aku biasanya bakalan :

HAH? KAMU DIGITUIN DAN KAMU MAKLUMIN? ADA APA INI? Serba salah kan? Hahahahaa

Guys, seiring berjalannya waktu aku baru menyadari bahwa ini adalah perasaan yang disebut dengan insecurity dalam hubungan. Yaitu perasaan dimana kita merasa tidak aman, terancam, dan yang jelas bersumber dari rasa tidak percaya diri.

Karena gini loh guys, bayangin ketika kita bersaing lah sama orang, dan kita merasa kita lebih hebat. Apa sih yang akan kita lakukan?

Menurut aku, kita akan biasa aja, dan bahkan sisi percaya diri kita bahkan sedikit kesombongan kita akan muncul kayak : HAH? SAINGANNYA DIA? AH KECIL DIA MAH!

Dan kita dengan percaya dirinya melenggang dengan pasti di barisan paling depan, dan maybe, saingan kita tadi akan terintimidasi dengan kepercayaan diri kita.

This is why guys, aku selalu bilang untuk stop kepoin mantannya pacar. Live in present. Kenangan mereka biarkanlah pudar seiring dengan waktu. Biarkan mantan dia menjadi pelajaran buat dia dan mantannya. Kamu ga usah ungkit ungkit lagi. Toh pacar kamu sekarang jalan juga sama kamu kan? Dan belom tentu kamu bakalan sama dia selamanya. Nikmatin aja apa yang kamu milikin sekarang.

Pernah ga bayangin bahwa mantan dia itu ternyata sebagai korban?

Pernah ga bayangin bahwa mantan dia masih berjuang nyembuhin sakit hatinya, apalagi ditambah mereka tau kalo mantannya uda move on dan uda dapetin kamu?

Pernah ga bayangin bahwa mantannya ini ga pernah nyakitin kamu hlo guys, mengapa kamu merasa mereka pantes dikepoin apalagi sampe distatusin? Mereka pernah ngapain kamu?

Atau yang lebih parah lagi, pernah ga kamu mikir ketika kamu kelihatan putus asa, memohon informasi, ketika kamu terlihat kejam dengan nyalah nyalahin mantannya pacar, saat itu mantannya tertawa karena sebenernya kamu yang terlihat lemah, dia bangga karena merasa lebih dari kamu. Mungkin menghina dalam hati?

That’s why guys. Stop stalking. Stop nyindir nyindir ga jelas. Stop buka lembaran lama terus menerus. Itu akan nyakitin diri kamu sendiri darling. Dan mungkin juga nyakitin orang lain. Kamu focus aja ke hubungan kamu dan maintain komunikasi sama pacar kamu oke?

Dan teruntuk para mantan yang dikepoin sampe distatusin,
Semoga kamu selalu bisa mentoleransi. Semoga kamu lebih dewasa dari dia dan bisa memaklumi kalo pacarnya mantan kamu sebenernya merasa insecure, dan sekarang lagi tahap penyesuaian, dan doakan saja supaya mereka bahagia. Tanggepin aja sesuai sama kapasitas kamu, dan ketika kamu merasa itu mengganggu, pastikan kamu pasang batas dan kamu punya hak untuk ga mau menjawab dan ga harus menjelaskan, karena sebenernya ini emang ga penting.

Semoga tulisan ini bisa membuka wawasan dan menyadarkan kamu yang lagi kepo setengah mati sama orang yang ga penting dalam hidup kamu, dan semoga juga ngasi stok sabar sama orang yang lagi jadi korban kepo hahaha

See u next post yah…

Xoxo, Elio Dona

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s