Semua Orang Akan Berubah

Post ini didedikasikan buat temen temen yang nanya :

Kenapa ya dia berubah. Dulu dia ga gitu deh…..

Sama misal kayak gini :

Bisa ga sih kak dia berubah jadi lebih baik? Aku sebenernya sayang ama dia cuman aku capek kalo kayak gini terus.

Guys….

Semua orang pasti akan berubah seiring dengan bertambahnya waktu, umur, dan pengalaman mereka. Menurut aku, faktor utama perubahan seseorang adalah pengalaman mereka.

Aku pernah nemuin orang yang tadinya kayak baik setia gitu, tiba tiba beberapa tahun kemudian jadi playboy. Ternyata alesannya adalah dia pernah patah hati gitu sama seseorang yang dia cinta mati, trus trauma mencintai, atau jatuhnya bales dendam….

Lain kasus ada lagi temen Elio yang udah lama ga ketemu tiba tiba dia jadi alim banget, kayaknya dapet hidayah gitu, cuman dia ga cerita sih gimana dapet hidayahnya. Soalnya ketemunya pas reuni, jadi rempong kalo mau cerita.

Ada lagi yang katanya dulu playboy, tukang malakin duit pacarnya, eh pas ketemu terakhir malah orangnya tanggung jawab banget gitu.

Kalo dari yang pernah aku alamin sendiri yah, itu kayak gini. Huft (menghela napas hahahahahaha)

Aku dulu pernah pacaran sama orang yang menurutku dia potensinya bagus ya. Kayak dia baik, dan sebenernya mau bekerja keras. Jiwa seninya tinggi, temennya banyak, terkenal (ini yang penting hahahahahaha. Soalnya pas dulu eyke masih alay yaaa jadi hits is a must wekawekaweka). Aku percaya sama dia dan sebenernya jalan ama dia niatnya emang pengennya serius gitu. Cuman pada saat itu keadaan ga mendukung. Dia masih kuliah gitu, skripsi ga selese selese. Sedangkan aku tu dari lulus sma memang udah demen cari duit demi meningkatnya taraf hidup dan sikap anti hemat hahahaha. Nah karena dia istilahnya pengangguran ya, dia jadi demen banget tu posesif dan gangguin aku pas kerja saking ga ada kegiatan nya dia, honestly sampe tahap mengganggu lah. Kayak lagi serius kerja dia missed call sampe puluhan kali. Aku kira ada urgent apa gitu. Aku telepon balik, ternyata : “gapapa kok, aku cuman kangen…” astaga pengen gue bejek. Terus misal aku ada kerjaan sama cowo gitu ya, dia ya kayak parno bin ajaib gitu lah

Well pada awalnya sih aku kayak masi pengen bertahan gitu karena aku melihat potensi dia bagus ya. Cuman lama lama kok eneg. Dan ya lama lama dia taraf annoying nya meningkat tajam. Nah pas putus, aku tuh mikir gini : ni orang ga bakalan bisa berubah. Bego nya udah permanen lah masalah hubungan.

Nah udah deh seiring berjalannya waktu, kita udah sama sama punya kehidupan sendiri ya. Akunya juga udah punya keluarga, dianya juga.

Cuman aku masih sering kayak inget inget dia gitu. Bukan karena belom move on ya. Cuman karena aku menyesal kayak buang buang waktu gitu.

Eh you know what, ternyata beberapa waktu yang lalu  aku tu kayak ada kesempatan buat ketemu dia dan kebetulan waktu itu sekeluarga gitu.

Dan aku terkejut. Hahahaha lebay banget ga sih

Dia berubah banget. Jadi kayak bener bener yang ngayomin istrinya gitu loh dan istrinya ga ada tanda tanda sakit mental kayak pas aku pacaran ama dia gitu hahahaha.

So, aku percaya semua orang akan berubah sesuai sama pengalaman dan pelajaran yang dia dapet dari lingkungannya. Belom tentu ketika aku lanjut jalan ama dia, dianya juga bakalan lebih baik kayak gini.  Bisa bisa malah pada stress semua.

Pelajaran yang pengen aku share buat temen temen disini sekarang adalah,

Pertama, walopun semua orang (aku yakin) bisa berubah jadi baik, cuman belom tentu ya gengs bahwa kita yang bakalan bikin dia itu berubah. Kadang kita musti ikhlas melepaskan orang yang kita sayang demi kebaikan dia dan demi diri kita sendiri juga.

Yang kedua, jangan nge judge orang dari apa yang kita alamin. Maksud aku ya tadi sih, orang pasti akan berubah sesuai sama pengalamannya. Jadi jangan karena dia dulu jelek, terus selamanya dia akan jelek, dan sayangnya berlaku juga sebaliknya, yang dulu dia baik belom tentu sekarang dia bisa dipercaya. Bahkan menurut yang pernah aku liat ya, setaun aja tu bisa bikin orang berubah drastis loh.

Yang ketiga yang penting kita terus berbuat baik, dan stay clear. Pastikan kebaikannya kita itu masuk akal. Kebanyakan dari yang aku liat, ketika kita memaklumin kesalahan orang, orang itu bukannya berubah, tapi malah nagih minta dimaklumin terus.

Sekian dulu post kali ini yah, semoga bisa jadi bahan buat mikir.

See you next post teman teman.

With love as always

-Elio Dona-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s